SINERGI BUMN : DANAREKSA, SIER, KBI DAN JAMKRINDO MENDUKUNG PENGEMBANGAN BISNIS PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA

SINERGI BUMN : DANAREKSA, SIER, KBI DAN JAMKRINDO MENDUKUNG PENGEMBANGAN BISNIS PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA

Jakarta – 4 (empat) BUMN, yaitu PT Danareksa (Persero), bersama dengan 3 BUMN lainnya yaitu PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan PT Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia pada hari ini melakukan  penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait Sinergi BUMN untuk Pengembangan PT Industri Sandang Nusantara (Persero).

 

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh  Direktur Utama PT Danareksa Heru  D. Adhiningrat, Direktur Utama PT Industri Sandang Nusantara Robby Eduardo Quento,  Plt. Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) Fattah Hidayat,  Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibiyanto, dan Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo)  Randi Anto yang disaksikan oleh Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementrerian BUMN Aloysius Kiik Ro.

 

MoU yang ditandatangani ini merupakan sinergi dalam hal pembiayaan untuk pengembagan bisnis PT Industri Sandang Nusantara (Persero), dimana PT Danareksa (Persero), bersama dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut, dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), yang akan memberikan pembiayaan, serta Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) yang berperan sebagai penjaminan atas transaksi pembiayaan ini.

 

Robby E Quento, Direktur Utama PT Industri Sandang Nusantara (Persero) mengatakan, “Kami  memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada masing-masing pihak yang terkait dalam Sinergi ini dan berharap bahwa sinergi ini dapat berjalan sukses. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh pihak atas penandatanganan MoU ini, dan kami harap bahwa ini merupakan awal yang baik serta komitmen bersama untuk berbakti kepada negeri”.

 

Heru  D. Adhiningrat  Direktur Utama PT Danareksa (Persero) mengatakan, “MoU ini merupakan langkah awal bagi PT Danareksa (Persero) bersama  PT Surabaya Industrial Estate Rungkut, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dalam bekerjasama guna mendukung pengembangan bisnis PT Industri Sandang Nusantara (Persero) di bidang tekstil pada umumnya dan perluasan pasarsarung produk PT Industri Sandang (Persero) di Indonesia. Penandatanganan MoU ini juga merupakan langkah nyata  dari semua pihak dalam implementasi Sinergi BUMN sesuai bidang bisnis masing-masing BUMN.

 

Fattah Hidayat,  Plt. Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) mengatakan, “Penandatanganan MoU ini, merupakan langkah strategis dari SIER, selain dalam kerangka pengembangan bisnis, juga dalam upaya kami untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional, yang dalam hal ini adalah sektor tekstil. Meskipun kami bergerak dalam sektor pengembangan kawasan industri serta logistik, namun dengan MoU ini, akan menjadi bukti kontribusi kami diluar sektor yang selama ini kami beroperasi”

 

Fajar Wibiyanto, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan, “MoU ini merupakan sebuah tantangan bagi KBI kedepan, dimana kami akan terlibat dalam sebuah kerjasama besar dari beberapa BUMN. Kami yakin, bahwa dengan sinergi beberapa BUMN seperti ini, tidak hanya memberikan keuntungan bagi PT Industri Sandang Nusantara (Persero), tapi juga bagi kami BUMN lain yang terlibat”

 

Randi Anto, Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), ”Sebagai BUMN yang bergerak dalam jasa penjaminan kredit, tentu MoU ini merupakan sebuah kepercayaan yang besar, dimana kami menjadi bagian dari langkah strategis yang akan dilakukan oleh PT Industri Sandang Nusantara dan beberapa BUMN lain dalam upaya meningkatkan ekonomi nasional, khususnya dari sektor tekstil dan produk tekstil”

 

Sebagai tindak lanjut atas MoU ini, kedepan akan dilakukan langkah-langkah strategis, termasuk kesepakatan tentang nilai pembiayaan yang dibutuhkan oleh PT Industri Sandang (Persero). Kami merencanakan, dalam kurun waktu paling lama 1 (satu) tahun kedepan, pembiayaan ini akan bisa direalisasikan.

 

Rencana kedepan, dengan sinergi ini PT Industri Sandang Nusantara (Persero)  dapat mengoptimalkan produktivitas serta meningkatkan omzet penjualan baik secara lokal maupun ekspor. Di satu sisi, ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia telah mencapai nilai USD12,4 miliar pada tahun 2017, melebihi target dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) sebesar USD 11,8 miliar. Pemerintah bahkan menargetkan pertumbuhan ekspor 2019 sebesar USD 15 miliar.  Melalui penandatanganan MoU ini, diharapkan peran strategis BUMN khususnya PT Industri Sandang Nusantara (Persero)  dalam merealisasikan target ekspor tersebut.

 

Tentang PT Danareksa (Persero)

PT Danareksa (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang jasa keuanganPerseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama dibidang pasar modal dan pasar uang meliputi antara lain sebagai  perusahaan pembiayaanperantara pedagang efekpenjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi  dan  reksadana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofoliodari suatu perusahaan.

 

Tentang PT Industri Sandang Nusantara (Persero)

Industri Sandang didirikan pada tahun 1967 dengan Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 1967 dengan bentuk Perusahaan Negara. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No 2 tahun 1977 PN Industri Sandang dialihkan bentuknya Perseroan Terbatas (Persero) dan terbagi menjadi 2 (dua), yaitu PT PT Industri Sandang I dan PT Industri Sandang II.

Tahun 1984 melalui PP No 17 tahun 1984, empat perusahaan daerah (Perusda) Sandang Jawa Tengah dimasukkan ke PT Industri Sandang II dan pada tahun 1995 manajemen PT. Industri Sandang I berada di bawah di bawah Direksi PT Industri Sandang II berdasarkan SK menteri Keuangan No 229/ KMK.016/ 1995.

Pada tahun 1997 manajemen PT Industri Sandang I dipisah dari PT Industri Sandang II berdasarkan SK Menteri Keuangan No.515/KMK.016/1997.

Pada tahun 1999, PT Industri Sandang I digabungkan ke dalam PT Industri Sandang II dan namanya diubah menjadi PT. (Persero) Industri Sandang Nusantara (ISN). PT ISN saat ini memiliki 8 unit produksi dan 1 kantor pusat yang berkedudukan di Jakarta.

 

Tentang PT Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia

PT Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) adalah Badan Usaha dengan bisnis penjaminan kredit UMKMK. Pada awalnya, Jamkrindo dibentuk karena Berangkat dari kondisi riil perkembangan koperasi yang masih cukup tertinggal dibandingkan dengan dua pelaku ekonomi lainnya (BUMN dan Swasta), Pemerintah mendirikan Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) pada tahun 1970 yang dalam perkembangannya diubah menjadi Perusahaan Umum Pengembangan Keuangan Koperasi (Perum PKK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51 tanggal 23 Desember 1981, yang kemudian disempurnakan dengan PP No. 27 tanggal 31 Mei 1985.

Seiring berjalannya waktu dan terkait dengan keberhasilan pelaksanaan fungsi dan tugas Perum PKK dalam mengembangkan koperasi melalui kegiatan Penjaminan Kredit, Pemerintah memperluas jangkauan pelayanan Perum PKK, menjadi tidak hanya terbatas hanya pada koperasi, tetapi juga meliputi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui PP No. 95 tanggal 7 November Tahun 2000 dan sekaligus merubah nama Perum PKK menjadi Perusahaan Umum (Perum) Sarana Pengembangan Usaha (SPU).

 

Tentang PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero)

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) atau singkat SIER adalah perusahaan pengembang kawasan industri di Indonesia didirikan pada tanggal 28 Februari 1974. Dengan kepemilikan saham 50% Pemerintah Indonesia, 25% Pemerintah Provinsi JawaTimur, dan 25%  Pemerintah Kota Surabaya.

SIER mengelola kawasan industry miliknya di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Saat ini SIER memiliki lahan seluas 250 Ha di Pasuruan yang siap dimanfaatkan oleh investor. Saatini SIER tengah mengembangkan Total Jasa Logistik yang sudah merambah keseluruh penjuru tanah air.

 

Tentang PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau disingkat KBI merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang usaha kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi kontrak berjangka dan/atau derivatif  lainnya, penjaminan penyelesaian transaksi di Pasar Fisik Komoditas, dan Penatausahaan Resi Gudang dan Derivatif Resi Gudang.

 

Perusahaan juga berperan sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan Pasar Fisik Komoditas melalui SK Bappebti No.14/BAPPEBTI/PER-PL/10/2010 tanggal 15 Oktober 2010 tentang Persetujuan kepada PT Kliring Berjangka Indonesia sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan Pasar Lelang dengan Penyerahan Kemudian (Forward).

 

######

 

Informasi lebih lanjut, hubungi :

  1. Masrihadi Faruk

General Manager Keuangan, Adm. & Umum

  1. Industri Sandang Nusantara

Jl. Wolter Monginsidi 88

Kebayoran Baru

Jakarta

HP : 081513388331

T    : (021)8801007

E    : info@ptisn.co.id / sekperisn@gmail.com

 

Please follow and like us: